Android vs Blackberry

Demam BlackBerry masih sangat terasa di Indonesia, meski sekarang ini boleh dibilang sudah mulai menurun. Nah, di lain pihak ada si robot hijau Android yang mulai banyak dikenal dan mulai menggeser ketenaran BlackBerry di Indonesia. Blackberry dan Android adalah dua platform mobilephone yang bersaing ketat di pasar smartphone, saat ini. iPhone-nya Apple, gimana? Untuk pasar smartphone di Indonesia, iPhone kurang bisa bersaing. Bukan karena kualitas iPhone jelek (justru sebaliknya), tapi karena harga-nya yang menurut saya kurang bersahabat dengan kantong kebanyakan orang Indonesia. Harga paling murahnya saja di atas 5 juta rupiah. Sedangkan blackberry dan ponsel Android, walaupun ada juga yang harganya di atas 5 juta, tapi  yang di bawa 5 juta rupiah lebih banyak, bahkan ada yang di bawah 2 juta rupiah. 


Kelebihan BlackBerry dibanding Android
  • Nyaman untuk mengetik. Yap, hampir di semua tipe BlackBerry pasti ada keyboard QWERTY fisik, dan bisa dibilang nyaman untuk digunakan.
  • BlackBerry Messenger (BBM). Bisa chat, kirim foto, musik, video, serta kontak dengan cepat ke sesama pengguna BlackBerry. Proses lebih cepat karena datanya dikompres terlebih dahulu.
  • Kualitas push email lebih baik.
  • Ada LED notifikasi di semua handset BlackBerry. Dengan adanya notifikasi berupa LED ini, kita dapat lebih cepat menyadari adanya pesan yang belum terbaca. Untuk Android, hanya ada sebagian kecil yang memiliki LED notifikasi.
  • Cenderung lebih aman. BlackBerry ditujukan untuk kalangan eksekutif dan pebisnis. Mereka tipe orang yang sering melakukan pertukaran data yang bisa dibilang rahasia, dan BlackBerry memang dirancang untuk itu.

Kelebihan Android dibanding BlackBerry
  • Games dan multimedia! Ada banyak sekali game dan aplikasi yang bisa diunduh di Android Market, dan kebanyakan juga bersifat gratis (meski seringkali terdapat iklan di dalamnya). Android bisa jadi teman di kala menunggu atau di kala bosan.
  • Bentuk dan model sangat bervariasi. Berbeda dengan BlackBerry yang jelas hanya dirilis oleh RIM serta memiliki desain yang cenderung mirip satu sama lain, Android tersedia dalam berbagai macam merek, model, harga, serta ukuran. Kita jadi punya banyak pilihan kan?
  • Terintegrasi dengan seluruh layanan Google. Gmail, YouTube, Google Contact, Google Calendar, dll, semua tersedia di Android.
  • Lebih nyaman untuk internetan. Android identik dengan layar sentuh (pastikan sudah kapasitif tentu saja), dibanding BlackBerry yang identik dengan QWERTY keyboard tanpa layar sentuh, tentu pengalaman dalam berseluncur di dunia maya lebih asyik di Android.
  • Lebih bebas dikustomisasi. Widget, Live Wallpaper, scrollable wallpaper, theme, launcher, dll
Bukan bermaksud untuk membanding-bandingkan tapi siapa tau aja ini bisa jadi referensi kalian semua dalam memilih ponsel, klo menurut saya sich pilihlah ponsel yang sesuai dengan kebutuhan aja, percuma punya ponsel bagus kalau PULSANYA gak ada sama aja booonngggg...!!! (jadi'in gantungan kunci aja) hahaha.....

0 komentar: